Find Other Article...

Ekonomi Kreatif, Kekuatan Baru Indonesia

Posted by: Ido Parties Team Updated at : 6:27 PM
Tags:
Perkembangan ekonomi kreatif di Tanah Air menunjukkan kemajuan pesat dan banyak memberikan manfaat di nusantara sehingga diharapkan bisa ...
Perkembangan ekonomi kreatif di Tanah Air menunjukkan kemajuan pesat dan banyak memberikan manfaat di nusantara sehingga diharapkan bisa menjadi kekuatan baru Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu mengatakan bergerak dan bergeliatnya ekonomi kreatif yang terjadi di masyarakat dalam lima tahun terakhir ini menjadikan masa depan yang terukur.

“Kita tak bisa membalik lagi kekuatan ekonomi kreatif ke belakang, karena terus maju dan maju. Ini momen orang kreatif untuk berhasil,” katanya pada acara Salam
Kreatif, di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Rabu (14/10) malam.

Pada acara sebuah persembahan untuk insan kreatif ini, Mari mengakui nilai tambah dari industri kreatif sudah dirasakan di hampir semua sektor yang semakin membaik dengan produk-produk kreatifnya, seperti batik dan kain Indonesia lainnya yang semakin dikenal luas.

Selain itu, sektor kuliner, mode, film, musik dan desain juga telah mewarnai geliat ekonomi yang berkembang.

Dasarnya, lanjut Mari, ada pada tradisional, sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dibawa kekinian. Contohnya, tari kecak yang dipadukan dengan orkestra, musik barat.

Seni tradisional yang dibawakan secara kontemporer dengan kekinian akan membuat nilai tambah.

Sumbernya adalah kekayaan kearifan lokal yang menceritakan kekayaan Indonesia sebagai kekuatan yang tak akan terkalahkan selama iklim ini terus berkembang.
“Saya coba visualisasi ekonomi kreatif seperti setitik tinta di atas kertas yang bisa menyerap pelan-pelan dan secara konsisten semakin meluas, berkembang dan berkolaborasi membentuk sebuah lukisan indah. Untuk menuju Indonesia baru, kata kunci ekonomi kreatif ada tiga yakni kolaborasi, kerjasama dan komitmen kepada yang terbaik,” tegasnya.

Pentas Salam Kreatif dengan tema Heart Matters juga ditujukan untuk merayakan era kreatif Indonesia diadakan tepat sebelum masa bakti Mari Elka Pangestu berakhir.

Acara unik ini mengedepankan kombinasi dari manusia, seni dan multimedia serta budaya dan kemajuan teknologi sebagai poros utama perkembangan industri kreatif.

Selain itu, Kemparekraf juga telah menaruh pondasi dalam bentuk fasilitasi insan kreatif Indonesia di kancah global.

Dengan semua ini diharapkan siapapun nahkodanya industri kreatif nasional akan maju dan mengantarkan Indonesia sebagai negara maju.